5 Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

5 Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

Sekarang, nonton film atau streaming youtube nggak cuma bisa lewat HP atau laptop, tapi bisa juga lewat TV. Kamu nggak perlu beli smart TV kok biar bisa streaming youtube lewat TV. Cukup dengan modal laptop dan kabel HDMI, kamu streaming acara youtube apapun yang kamu mau di TV. Tapi, bagaimana cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi? Kalau bingung, yuk simak caranya sama-sama di bawah ini:

Baca Juga : 5 Trik Singkat Cara Menghubungkan Anycast ke Laptop Windows 7

1. Siapkan Kabel HDMI High Speed

Sebelum mulai melakukan cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi, kamu perlu menyiapkan kabel HDMI-nya dulu. Kalau belum punya, belilah kabel jenis ini di toko listrik yang dekat dengan tempat tinggalmu. Lalu, pilih kabel HDMI berkecepatan tinggi dengan ukuran full size HDMI connector.

Supaya lebih jelas dan tepat sasaran, cek dulu jenis kabel dan konektor HDMI yang mau kamu beli. Sebab, ada banyak jenis kabel HDMI dan konektornya yang dijual di pasaran. Mulai dari konektor HDMI tipe A, tipe B, tipe C, tipe D, hingga tipe E.

Sedangkan spesifikasi untuk kabel HDMI high speed yang perlu kamu tahu adalah yang bisa dipakai untuk mentransfer sinyal sampai 10,2 Gbps atau setara dengan 350 Mhz. Sinyal ini mampu mentransfer video full HD beresolusi 1080p.

2. Cari Soket HDMI di Panel Belakang/Samping TV

Selanjutnya, kamu perlu mencari lokasi soket yang mau ditancapkan kabel HDMI. Tanpa cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi ini, kamu nggak bakal bisa nonton streaming youtube lewat TV. Makanya, cari dulu posisi soket HDMI yang ada di panel TV digital.

Biasanya, lokasi soket ini ada di bagian bawah, samping, atau belakang panel TV digital kamu. Kalau sudah ketemu, colokkan konektor kabel HDMI ke salah satu soket HDMI, laku ujung kabel lainnya dicolokkan ke port HDMI laptop.

3. Hidupkan TV Digital

Setelah selesai berkutat dengan cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi, kamu bisa beralih ke cara selanjutnya, yaitu menghidupkan daya TV digital kamu. Pakailah remote untuk menyalakan TV digital. Baru setelah itu kamu lakukan setting. Misalnya, memilih port HDMI yang tadi dicolok oleh kabel HDMI.

Setting seperti ini tentu bakal berbeda-beda dengan kondisi masing-masing merk TV. Kalau bingung, kamu bisa cek di buku panduan TV digital kamu tentang bagaimana cara mengatur settingan kabel HDMI sampai TV kamu menyala dan dialiri sinyal dari kabel.

4. Hidupkan Laptop

Jika sudah selesai dengan kabel HDMI, jangan lupa nyalakan juga laptop kamu. Ini adalah lanjutan dari cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi. Supaya laptop kamu bisa mengirim sinyal ke port HDMI, maka kamu harus melakukan beberapa cara seperti berikut:

Buka laptop kamu, nyalakan dayanya, lalu masuk menu “Control Panel”. Lanjutkan dengan mengklik “Appearance and Personalization” dan klik “Adjust Screen Resolution”.

Tak perlu menunggu lama, akan muncul dua opsi monitor display. Yang pertama monitor laptop, dan yang kedua monitor TV digital. Klik saja monitor display yang ke-2. Kemudian klik tulisan “Extend the Desktop Onto This Monitor” lalu pilih “Apply”.

5. Cek Pengaturan Device

Cara terakhir adalah melakukan setting resolusi untuk monitor display 2. Pilih “Resolution” dan geser latar belakang gambar Windows sampai layar TV digital kamu tertutup seluruhnya.

Baca Juga : 4 Trik Cara Mendinginkan Laptop yang Benar

Lanjutkan dengan setting audio. Masuk saja ke menu “Control Panel” dan klik “Hardware and Sound”. Pilihlah “Sound” lalu klik tab “Playback”. Setelah itu pilih speakers dari HDTV dan klik “Apply”.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI