5 Cara Memilih Antena TV Digital Terbaik dan Rekomendasinya

5 Cara Memilih Antena TV Digital Terbaik dan Rekomendasinya

TV Digital merupakan jenis siaran yang menggunakan sistem modulasi digital, dan juga dengan kompresi untuk dapat memberikan siaran sinyal audio maupun video menuju pesawat televisi. TV yang bertipe digital bukan berarti jika pesawat televisinya itu juga digital, melainkan sinyal yang dikirimkan adalah siaran digital. Untuk dapat memiliki beragam siaran anda membutuhkan antena TV digital terbaik, mengingat saat ini TV analog juga sudah dihentikan siarannya.

antena TV digital terbaik

Alasan Menggunakan Antena TV Digital Terbaik?

Dengan menggunakan antena TV digital terbaik maka para penonton bisa melihat gambar yang lebih jelas lagi, konturnya dengan warna yang lebih cerah dan lebih luas lagi depth-of-field di dalamnya dibandingkan TV analog atau yang lainnya. Secara ekonimi memasang antena ini juga dinilai jauh lebih baik karena tidak semua orang sanggup untuk berlangganan TV kabel. Meskipun memiliki TV kabel merupakan sebuah keunggulan karena channel yang tersedia pun jauh lebih banyak. Bahkan siaran yang tidak pernah sama sekali muncul di TV Indonesia bisa disaksikan dengan mudah. TV kabel juga tersedia dalam beberapa paket sehingga penikmat atau penonton dapat memilih sendiri mana paket yang sesuai dengan biaya yang mereka miliki. Tapi, tidak semua orang tetap dapat membayarnya dan terkadang ada pula TV kabel yang harganya melebihi dari paket dan semakin naik. Untuk itulah, antena digital sering menjadi solusi terbaik untuk menikmati siaran.

Apalagi kalau Anda bukan orang yang selalu menonton TV, sudah jelas bahwa menggunakan antena akan jauh lebih terjangkau dan Anda tetap dapat menikmati beragam siaran terbaik. Sekarang cukup banyak merk antena TV digital yang saling bersaing untuk memberikan kualitas terbaiknya kepada para pelanggan atau konsumen, namun tentu orang awam seringkali tidak tahu apa yang mereka harus lihat dari antena tersebut. Untuk itu berikut ialah tips yang bisa Anda lakukan sebelum memilih dan membelinya.

Tips Membeli Antena TV Digital Terbaik Untuk Orang Awam

Untuk bisa tahu antena tv digital terbaik apa yang harus Anda gunakan, biasanya Anda bisa berkonsultasi langsung dengan pemilik toko atau karyawan toko elektronik. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda sebagai pelanggan juga tahu antena seperti apa yang dibutuhkan sehingga tidak akan salah ataupun juga menyesal dalam membelinya. Berikut ini beberapa tips untuk membeli antena TV digital yang berkualitas sebagai berikut:

  • Cari tahu dulu TV apa yang Anda miliki atau yang mau Anda gunakan

Jenis atau tipe TV yang digunakan rupanya juga penting dan mempengaruhi pemilihan tipe antena digital yang mau Anda gunakan. TV dengan tipe LED atau LCD itu seringkali sangat kurang dapat menangkap sinyal, sementara untuk tipe TV tabung punya daya tangkap akan sinyal yang jauh lebih baik. Karena itulah, sesuaikan ukuran atau besarnya antena yang mau Anda gunakan di dalamnya yaitu antena yang mungkin memiliki ukuran sedang sampai besar apabila Anda memiliki tipe TV LED atau LCD. Sementara untuk TV tabung, cobalah memilih antena berukuran kecil atau sedang. Dengan mengetahui hal ini, maka nantinya hasil gambar yang akan dimunculkan di dalam layar TV akan lebih jelas dan juga jernih.

  • Baris atau deret yang terdapat dalam antena

Supaya daya tangkap dari sinyal semakin kuat dan juga besar, maka sebaiknyaa Anda memilih antena yang memiliki garis-garis atau deretan yang lebih padat serta panjang. Jika antena memiliki daya tangkap yang semakin besar dan kuat, maka sinyal yang ditangkap untuk siaran TV juga semakin baik dan cerah. Bukan hanya itu saja, dengan memilih antena yang punya deretan lebih panjang juga memberikan sasaran dari arah pemancar yang kuat dan juga lebih tepat, bahkan tidak akan terhambat oleh gedung bertingkat yang selalu mengganggu pancaran sinar dari antena.

  • Cobalah melihat bagian kabel coaxial dari antena TV

Salah satu elemen paling penting dari sebuah antena TV yang akan menentukan seperti apa kualitas dari hasil siaran yang diberikan oleh antena adalah kabel coaxial. Ini merupakan sebuah kabel yang fungsinya untuk kabel jaringan yang menghubungkan transmisi pada perangkat elektronik. Meskipun Anda mungkin tidak memahami fungsi yang paling penting, setidaknya cobalah untuk memilih antena TV digital yang punya kabel coaxial dengan ukurann 75 ohm, sebab kabel seperti ini mempunyai jumlah serabut jauh lebih tebal dan kabel konduktor di dalamnya juga lebih besar. Meskipun harganya lebih mahal, tapi daya tangkap sinyal yang dihasilkan pun semakin bagus dan baik.

  • Mengecek bagian antena rotator

Guna melakukan antisipasi agar gambar yang dihasilkan oleh antena melalui sinyal semakin baik, maka ada baiknya Anda mencoba untuk memilih antena yang diletakkan di luar atau outdoor dan yang sudah dilengkapi dengan alat bernama rotor. Dengan begini, arah dari antena dapat Anda gerakkan atau putar kemana saja sesuai dengan arah dimana sinyal yang terkuat itu muncul, sehingga tidak ada “semut” di TV dan Anda bisa menyaksikan siaran lebih jernih lagi. Bahkan terdapat pula remote yang dapat menggerakkan antena dari adaptor maupun langsung tanpa harus menyentuh antenanya.

  • Memiliki booster atau alat untuk menguatkan sinyal dari antena TV

Akan lebih baik jika membeli antena TV digital yang telah dilengkapi dengan booster sinyal yang tujuannya adalah untuk dapat menghilangkan transmisi dari sinyal sehingga semua pancaran itu akan makin kuat dan juga jelas. Selain itu, bila Anda ingin memisahkan atau split dengan menggunakan antena untuk beberapa TV berbeda di dalam satu rumah, maka adanya booster ini pun jelas akan dianggap begitu membantu Anda untuk mendapatkan kualitas hasil gambar yang begitu jelas.

Rekomendasi Pilihan Antena TV Digital Terbaik

Ada pula beberapa rekomendasi antena TV digital terbaik yang dapat digunakan sebagai referensi ketika memilihnya antara lain:

PX DA-1201NP

Ini merupakan antena yang dipasang di dalam rumah atau indoor sehingga cukup mudah untuk dipindahkan dan cocok untuk Anda yang suka dengan antena yang cukup fleksibel. Asal dari antena ini adalah buatan Taiwan dan di negeri asalnya itu, antena ini juga diklaim sebagai salah satu yang terbaik dan best seller karena banyak orang yang membelinya. Anda bisa menggerakkan antena dengan mudah untuk mendapatkan sinyal paling kuat dan desain dari antena ini juga cukup simpel dibandingkan dengan antena lainnya. Bahkan antena ini bisa menangkap sinyal dengan frekuensi yang besar yaitu VHF 47 sampai 230 MHz.

Nama Produk Px Da 1201np
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

Toyosaki AIO 220

Ini adalah antena yang memiliki fungsi ganda karena bisa dipasang indoor maupun outdoor. Antena yang satu ini sangat beda dengan antena yang lain sebab desainnya unik dan juga tampilannya pun sederhana. Terdapat smart chip di dalamnya dimana siaran digital maupun analog untuk TV Anda bisa diterima. Anda juga dapat menikmati kualitas gambar yang jernih karena terdapat booster untuk menguatkan sinyal di dalamnya.

Nama Produk Toyosaki Aio 220
Cek Promo & Diskon Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli Shopee

Inilah tips maupun rekomendasi antena TV digital terbaik yang bisa Anda pilih untuk menyaksikan dan menikmati siaran non TV kabel yang lebih terjangkau namun berkualitas.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 5 Cara Memilih Antena TV Digital Terbaik dan Rekomendasinya