5 Cara Index Website ke Google dan Manfaatnya

5 Cara Index Website ke Google dan Manfaatnya

Apakah Anda pernah mendengar tentang cara index website ke Google? Pemahaman sederhananya, index merupakan padanan kata dari daftar. Jadi, hal tersebut bisa diartikan sebagai metode agar sebuah situs dapat dikenali dan terdata dalam hasil penelusuran mesin pencari, khususnya Google. Poin ini tentu menimbulkan lebih banyak pertanyaan, bukan?

Benarkah sebuah website tidak otomatis terdata oleh mesin penelusuran internet? Jawabannya, tidak karena proses index tersebut cukup panjang. Di seluruh dunia, terdapat ratusan juta website yang tentu tidak memungkinkan untuk ditampilkan semua oleh berbagai mesin pencarian. Sebab itulah, hanya situs-situs yang memenuhi syarat dapat tercatat dalam index tersebut.

5 Cara Index Website ke Google dan Manfaatnya

Metode Sederhana Pengecekan Google Index Website

Anda memiliki sebuah halaman namun tidak tahu apakah situs tersebut sudah masuk dalam inde milik Google atau belum? Tahap yang perlu Anda tempuh sebelum mempraktikkan cara index website ke Google adalah mengecek status dari situs Anda sendiri. Jika sudah, maka tidak perlu memikirkan poin ini dan fokus peningkatan rangking halaman.

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengonfirmasi apakah situs Anda sudah terdata Google Index atau belum :

  • Masuk ke jendela aplikasi peramban Anda, bisa di PC maupun smartphone.
  • Klik kolom pencairan Google, ketikkan ‘site:websiteAnda.com’ atau contoh ‘site:beritateknologi.com’.
  • Jika sudah masuk index Google, halaman situs Anda maupun yang berhubungan akan dimunculkan pada hasil penelusuran. Namun, jika belum, maka akan muncul keterangan halaman Anda tidak cocok dengan hasil penelusuran apa pun.

Cara Agar Website Terindex Google, Mudah Tapi Efektif

Menyadari pentingnya indexing website oleh Google, banyak sekali cara sederhana yang dapat Anda terapkan jika situs yang dikelola tidak masuk dalam daftar tersebut. Metode-metode berikut dapat Anda coba praktikkan :

1. Gunakan Google Search Console

Cara pertama adalah dengan menggunakan Google Search Console. Ini merupakan tools gratis yang disediakan oleh pihak Google untuk memantau kinerja sebuah website. Fungsi dari tools ini adalah membantu Google untuk crawling atau menelusuri situs Anda dan menangkapnya melalui jaring laba-laba (spiderweb) mereka. Selain itu dapat memperbaiki proses crawl bermasalah.

2. Buat Konten Berkualitas

Meskipun halaman belum masuk index Google, bukan berarti Anda tidak perlu menyajikan konten yang bagus. Justru, kehadiran konten berkualitas tinggi akan memudahkan proses crawling sehingga menjadi salah satu cara index website ke Google. Seperti apa kriteria konten yang bagus itu?

  • Bukan merupakan hasil plagiasi. Anda perlu berhati-hati karena tindakan peniruan ataupun kemiripan sekecil apa pun dari konten digital sangat mudah teridentifikasi. Ketika unggahan website Anda memiliki indikasi tersebut, jejak halaman dapat dihilangkan secara sepihak.
  • Unggahan konten berupa artikel memerlukan dukungan kata kunci (keyword) utama dan turunan yang kuat. Anda perlu melakukan riset untuk mendapatkan hasil kata kunci berikut turunannya yang dapat mempermudah proses crawling halaman.
  • Tentukan konten dengan materi yang benar-benar Anda kuasai, baru kemudian hubungkan dengan topik-topik yang tengah digemari. Jadi, Anda tidak mengunggah suatu konten kosong melainkan sesuatu yang berbobot.

3. Perkaya Internal Link

Link internal adalah URL yang menghubungkan antar dua konten atau lebih dalam satu website. Anda dapat menyisipkan link suatu konten di konten lainnya agar saling terhubung. Ini akan mempermudah proses crawling karena sistem Google dapat menangkap konteks menyeluruh dari konten yang website Anda tawarkan.

4. Bangun Backlink yang Berkualitas

Backlink atau link pengarah yang ditempatkan di situs lain agar mengarah pada halaman Anda merupakan cara index website ke Google selanjutnya. Backlink bisa didapatkan dengan menjalin kerja sama antar blogger untuk meningkatkan traffic dan brand awareness. Namun, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam membangun jaringan backlink ini.

Pilih situs-situs yang memang memiliki kredibilitas dalam membangun backlink. Ini akan lebih berpengaruh pada indexing halaman Anda oleh Google. Semakin bagus kualitas dari website pengarah, maka lebih cepat pula situs Anda terindex Google. Jika menggunakan backlink dari situs-situs amatiran justru memperlambat proses tersebut. Ada banyak cara mendapatkan backlink berkualitas yang harus Anda pelajari terlebih dahulu.

5. Manfaatkan Sosial Media

Selain backlink, cara meningkatkan lalu lintas pengunjung dan brand awareness agar masuk Google Index lebih cepat adalah dengan memanfaatkan sosial media. Jejaring sosial memiliki cakupan yang sangat luas dan memegang kans lebih besar terkait indexing mesin pencarian. Jadi, jangan lupa meninggalkan link situs website Anda di sosial media, ya.

Manfaat Google Index untuk Website

Tujuan dari Google Index adalah mengenali halaman, terutama dari kontennya, untuk kemudian memunculkannya pada penelusuran di mesin pencari. Namun, apa sebenarnya manfaat dari halaman yang terindex oleh Google sehingga menjadi suatu hal yang penting? Cara index website ke Google bila dipraktikkan memberikan banyak manfaat :

  1. Mempermudah proses ranking halaman yang menentukan seberapa berkualitas dan kredibel website Anda. Semakin tinggi ranking, maka kian teruji pula manfaat dari halaman yang Anda miliki bagi para pengguna internet.
  2. Mempermudah dalam mendapatkan Adsense. Ini berkaitan dengan marketing atau bisnis lewat website. Mendapatkan Adsense memungkinkan Anda menghasilkan pundi-pundi tambahan dalam skala besar. Namun mendapatkannya tidak mudah karena untuk investor memasang iklan, halaman Anda harus memenuhi beberapa kriteria dulu.
  3. Menghalangi pencurian dan peniruan konten. Ketika website sudah masuk dalam Google Index, penelusuran duplikasi dan plagiasi akan lebih mudah. Sistem akan langsung memusnahkan konten yang memiliki kemiripan dengan unggahan Anda yang sudah terlebih dahulu ada. Keamanan halaman Anda otomatis meningkat.

Apakah Index Website ke Mesin Pencari Google Penting?

Jadi, apakah memasukkan halaman Anda ke index Google merupakan hal yang wajib dan penting? Jawabannya tentu saja, karena hal ini akan mempermudah penemuan situs Anda di halaman Google yang merupakan mesin pencari nomor satu saat ini. Terutama bagi Anda yang ingin mengomersialisasikan website sebagai media untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagi Anda yang masih asing dengan dunia komersial internet, cara index website ke Google di atas sangat membantu. Begitu halaman Anda masuk ke Google Index, peluang-peluang untuk menghasilkan pendapatan dari pengelolaan website terbuka lebar. Sebagimana yang telah disebutkan sebelumnya, peluang pertama adalah Adsense. Selain itu ada kemungkinan untuk :

  • Membuat kesepakatan kerja sama melalui peletakan backlink antar website. Biasanya, kesempatan ini lebih mudah didapatkan bila suatu website sangat populer.
  • Ads alias iklan mandiri dari vendor-vendor kelas menengah yang tidak termasuk dalam Google Adsense maupun moderator iklan lainnya.
  • Penanaman investasi dari berbagai perusahaan digital yang biasanya memilih situs-situs yang potensial.
  • Menciptakan branding produk Anda sendiri menjadi lebih mudah ketika Anda sudah memiliki media yang berpengaruh sebagai sarana promosi.

Dapat disimpulkan bahwa cara index website ke Google sebagaimana dijabarkan pada poin-poin di atas bukan sekadar membuat situs muncul di halaman penelusuran. Lebih dari itu, indexing Google memiliki manfaat-manfaat besar, khususnya untuk menciptakan profit lebih melalui pengelolaan halaman. Anda yakin tidak tertarik membuat website masuk Google Index?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Cara Index Website ke Google dan Manfaatnya