5 Aplikasi Mengembalikan Data Yang Hilang

5 Aplikasi Mengembalikan Data Yang Hilang

Apakah anda pernah mengalami kepanikan luar biasa karena file penting tiba-tiba hilang dari perangkat anda? Saat terburu-buru, hal-hal tak diinginkan bisa saja terjadi. Misalnya, data penting yang baru anda selesaikan terhapus secara tidak sengaja. Nah, lalu bagaimana cara menyelamatkan atau mendapatkannya kembali? Pilihan terbaik anda adalah menggunakan aplikasi mengembalikan data yang hilang.

Sebenarnya, banyak aplikasi yang bisa membantu anda memulihkan data-data penting, namun tidak semuanya bekerja untuk semua perangkat maupun semua jenis data. Selain itu, ada aplikasi yang tersedia secara gratis, namun ada juga aplikasi berbayar.

Aplikasi Mengembalikan Data Yang Hilang

Aplikasi Gratis untuk Mengembalikan Data Yang Hilang

Daripada stress atau kebingungan sendiri untuk menemukan data yang hilang atau terhapus tiba-tiba, ada baiknya anda mencoba salah satu aplikasi gratis untuk mengembalikan data yang hilang berikut ini:

1. Recuva

Aplikasi gratis ini tidak hanya bekerja untuk mengembalikan data yang terhapus secara tidak sengaja, namun juga data yang terformat ke bentuk lain. Anda bisa mengembalikannya menggunakan software Recuva. Software ini dapat digunakan dengan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat anda gunakan dengan software gratis ini:

  • Mengembalikan data secara utuh, tanpa cacat;
  • Bisa digunakan untuk semua jenis format file, baik dokumen, audio, maupun video;
  • Bisa untuk PC, hard disk, kartu SD, Flash Disk, atau perangkat penyimpan data lainnya. Dukungan hardware yang lengkap membuatnya disukai banyak pengguna;
  • Fitur sederhana dan mudah digunakan; Aplikasi akan melakukan scanning sendiri. Begitu file ditemukan, anda tinggal click Restore dan file yang anda cari siap digunakan kembali;
  • Menu Advanced Deep Scanning Recovery untuk mengembalikan atau memulihkan data yang terformat ke bentuk lain;
  • Software ringan, dengan kapasitas 5 MB saja! Jadi, Recuva tidak akan membebani memori perangkat anda;
  • 100% gratis tanpa batas dan tanpa syarat.

2. Wise Data Recovery

Satu lagi aplikasi mengembalikan data yang hilang secara gratis untuk anda coba adalah Wise Data Recovery. Aplikasi ini tidak hanya bekerja untuk dokumen, foto, audio, maupun video, namun juga untuk email dan data lain seperti arsip (ZIP, RAR, dan lainnya). Demikian juga dengan perangkat yang didukung, mulai dari local drive di perangkat, hard disk eksternal, kartu SD, ponsel, USB flash disk, dan perangkat eksternal lainnya seperti Floppy Disk, maupun kamera digital.

Lalu, apa saja penyebab kehilangan data yang bisa dikembalikan dengan Wise Data Recovery? Berikut adalah fitur handal yang membuat aplikasi ini digunakan secara luas:

  • Data terhapus secara tidak sengaja;
  • Data hilang karena disk terformat;
  • Data hilang karena serangan virus; atau
  • Kerusakan sistem secara tiba-tiba

Jika sebagian aplikasi pemulihan data hanya bisa digunakan untuk Windows atau Mac OS, maka Wise Data Recovery bsia digunakan untuk keduanya. Kelebihan ini diperoleh berkat dukungan teknologi WinPE. Aplikasi ini bekerja secara cepat untuk menemukan format file yang diinginkan – hanya dalam beberapa detik. Teknologi Quick Scan memungkinkan anda melakukan ini. Untuk mempercepat pencarian, anda bisa menyortir jenis file tertentu atau kata kunci tertentu.

3. Disk Drill

Aplikasi gratis ini awalnya bernama Pandora Recovery, yang membantu anda memulihkan data yang hilang dengan mudah dan dalam keadaan utuh. Begitu mudahnya data anda hilang, dan begitu mudahnya data bisa dikembalikan! Disk Drill mengakomodir sebagian besar fungsi dan fitur dari versi sebelumnya, yakni Pandora Data Recovery.
Generasi terbaru ini hadir dengan algoritma modern yang menawarkan efisiensi lebih baik dalam pemulihan data, hasil lebih akurat, serta pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan. Fitur Disk Drill versi gratis antara lain:

  • Proses scanning dan pemulihan data yang sangat cepat, berkat dukungan native scan atau proses rekonstruksi data secara instan, seperti Quick Scan, Lost Partition Recovery, Deep Scan, dan sebagainya;
  • Mendukung semua sistem file. Disk Drill bisa digunakan untuk lebih dari 300 jenis file!
  • Filter; proses pencarian menjadi lebih mudah dan cepat jika anda menggunakan filter berdasarkan nama file (separuh atau penuh), ekstensi dan jenis file, tanggal dibuat atau tanggal diubah terakhir kali, ukuran file, dan sebagainya.

Disk Drill versi gratis bisa memulihkan data anda dengan mudah hingga 500 MB. Untuk kapasitas lebih besar, anda bisa menggunakan versi berbayar. Sebenarnya, versi gratis saja sudah cukup handal untuk mengatasi masalah anda. Selain itu, Disk Drill hanya bisa digunakan untuk mengembalikan file yang hilang maksimum 1 bulan sebelum software di-install di perangkat. Jika lebih lama dari itu, anda mungkin harus mencari alternatif aplikasi lain.

4. Undelete 360

Aplikasi mengembalikan data yang hilang secara gratis berikutnya adalah Undelete 360. Sama halnya dengan tiga aplikasi di atas, Undelete 360 bisa digunakan untuk perangkat komputer atau laptop, USB, stick memori, kamera digital, kartu memori eksternal, pen drive, smartphone, dan perangkat eksternal lain. Software ini bekerja tidak hanya untuk pemulihan file namun juga folder. Berikut adalah sejumlah fitur canggih yang terdapat pada Undelete 360:

  • Filter pencarian, berdasarkan jenis file, seperti PDF, GIF, Bitmap, dan sebagainya;
  • Dukungan algoritma yang sangat cepat dan efisien, sehingga proses pencarian dan pemulihan berlangsung dengan cepat.
  • Bisa memulihkan file yang hilang karena terhapus tidak sengaja, serangan virus, kerusakan software, dan kegagalan perangkat;
  • Mengembalikan file yang terlalu besar sehingga tidak muat di Recycle Bin
  • Mengembalikan file yang terhapus di Windows Network shares
  • Mengembalikan file yang hilang karena anda menekan “Shift+Delete”, Cut atau Move, atau terhapus karena ditolak oleh aplikasi tertentu.

5. Recoverit Free

Aplikasi ini dipersembahkan oleh Wondershare khusus untuk perangkat dengan Operating System minimal Windows XP. Recoverit Free dapat mengembalikan berkas yang hilang karena berbagai alasan, misalnya, komputer tiba-tiba mati, serangan virus, komputer tidak bisa dinyalakan, partisi atau folder hilang, atau terformat ulang secara tidak sengaja.

Recoverit Free bekerja secara efektif untuk menemukan file yang anda cari. Kemudian, anda dapat menentukan folder di mana berkas yang dipulihkan bisa anda temukan dengan mudah. Dengan demikian, anda tidak kebingungan mencarinya. Fitur aplikasi gratis ini antara lain:

  • Memulihkan berbagai jenis berkas, seperti dokumen, musik, foto, video, dan bahkan Archive seperti RAR;
  • Bisa digunakan untuk perangkat komputer, kartu SD, Memory Stick, Hard Disk eksternal, USB, Kamera Digital, Recycle Bin, dan sebagainya;
  • Proses pemulihan cepat;
  • Fitur Preview sebelum pemulihan dimulai; dan sebagainya.

Aplikasi mana yang anda pilih untuk memulihkan data yang hilang? Lima aplikasi di atas cukup handal, dan lebih menarik lagi, bisa digunakan secara gratis. Meski demikian, tentu masih banyak aplikasi lain yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan data yang hilang. Namun, jika satu aplikasi saja sudah bisa mengatasi masalah anda, mengapa harus mencoba banyak aplikasi?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Aplikasi Mengembalikan Data Yang Hilang