5 Aplikasi Edit Video Untuk Pemula Sampai Profesional

5 Aplikasi Edit Video Untuk Pemula Sampai Profesional

Jika anda ingin menjadi seorang YouTuber, maka kunci suksesnya adalah mampu membuat video-video yang kreatif dan menarik. Anda pastinya membutuhkan aplikasi edit video untuk membuat video sesuai keinginan. Tentunya, tidak mungkin jika anda meminta jasa editing video untuk mengerjakan semuanya, karena anda pastinya harus membayar mahal untuk itu.

Akan lebih baik jika anda belajar membuat sendiri video untuk di-upload ke channel YouTube. Anda bisa menggunakan salah satu rekomendasi aplikasi video editing untuk pemula sampai profesional berikut. Ada beberapa aplikasi yang tersedia secara gratis, namun ada pula versi berbayar jika anda menginginkan aplikasi dengan fitur yang lebih canggih.

5 Aplikasi Edit Video Untuk Pemula Sampai Profesional

5 Aplikasi Video Editing Untuk Pemula hingga Pro

1. Windows Movie Maker & Video Editor

Seperti namanya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun Windows menyediakan banyak fitur untuk menghasilkan pengalaman yang unik dalam membuat atau menyunting video anda. Hadir dengan fitur yang mudah dipahami, aplikasi ini cocok untuk anda yang baru belajar untuk membuat dan mengedit video.

Dengan satu aplikasi gratis ini, ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan video yang menarik dan kreatif, di antaranya:

  • Menambahkan efek-efek yang unik, seperti greyscale, kartun, efek warna, dan sebagainya.
  • Menambahkan musik latar. Di dalam aplikasi sudah tersedia sejumlah file musik secara gratis. Namun, anda juga bisa menggunakan musik latar dari laptop atau PC anda sendiri.
  • Mengganti tema video.
  • Menyisip atau menambahkan foto dan video dari galeri perangkat anda, dari kamera, atau dari web.

Faktor lain yang membuat aplikasi ini digemari banyak orang adalah karena mudah digunakan, termasuk untuk pemula. Setelah proses editing selesai, ada fitur untuk menyimpan dan membagi video ada di channel media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Sanagt cocok untuk membuat materi iklan di Facebook menggunakan video.

2. Wondershare Filmora

Ini adalah salah satu aplikasi video editing untuk pemula sampai profesional yang paling banyak digunakan. Aplikasi gratis ini akan mengubah video anda menjadi karya seni yang istimewa dengan proses kerja yang sederhana dalam waktu singkat. Filmora tersedia untuk Windows 10, 8, dan 7. Namun, anda juga bisa mendapatkan versi aplikasi untuk Mac. Aplikasi ini tidak hanya mudah digunakan untuk pemula namun juga cocok untuk pro. Saat menggunakan Wondershare Filmora, ada dua mode yang bisa anda pilih, yakni:

  • Easy Mode 4:3. Mode ini cocok untuk anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi video editing. Proses editing video menjadi lebih mudah dan cepat. Namun, resolusi video yang dihasilkan relatif lebih kecil.
  • Full Feature Mode 16:9. Mode ini kaya akan fitur-fitur tingkat lanjut yang akan menantang daya kreativitas anda. Video yang dihasilkan juga lebih besar.

Ingin membuat video yang kreatif dan cocok untuk channel YouTube anda, cobalah menggunakan Full Feature Mode, karena banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan video yang indah. Beberapa fitur andalan Wondershare Filmora adalah sebagai berikut:

  • Menambahkan text dan title. Anda bisa menambahkan teks di bagian manapun yang diinginkan. Ada juga pilihan subtitle, dan credits atau ucapan terima kasih di akhir video.
  • Menambahkan musik latar. Ada banyak musik yang bisa anda pilih sudah ready di aplikasi. Namun, anda juga bisa memilih musik favorit untuk digunakan sebagai musik latar.
  • Menambahkan transisi dan element. Transisi bisa digunakan untuk video yang memiliki seri atau episode. Begitu episode pertama selesai dan akan masuk ke episode berikutnya, maka transisi menjadi ‘penghantar’nya ke episode selanjutnya.
  • Membagi video ke dalam beberapa layar sekaligus.
  • Membuat video baru dengan merekam layar komputer, merekam suara anda, atau menggunakan webcam.
  • Eksport video ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan, seperti MP4, MKV, dan masih banyak lagi.
    Dengan menggunakan Wondershare Filmora, anda bisa menyunting video layaknya seorang profesional.

3. Pinnacle Studio

Jika anda ingin benar-benar terjun ke dunia YouTube, cobalah menggunakan aplikasi edit video ini. Aplikasi ini memang berbayar, namun fitur yang anda nikmati jauh melebihi harga yang anda bayar. Ya, anda bisa menyunting produksi video berikutnya layaknya profesional dan menampilkannya di Channel YouTube dengan penuh percaya diri. Beberapa fitur yang bisa anda gunakan antara lain:

  • Dapat merekam layar komputer untuk membuat video baru;
  • Menyunting warna dengan fitur Color Grading
  • Menambahkan filter dan efek. Ada lebih dari 2.000 filter dan efek yang bisa anda gunakan.
  • Workflow yang ringan dan sederhana, sehingga proses editing video menjadi lebih mudah.
  • Membagi video yang anda buat langsung ke media sosial. Ada shortcut yang mempermudah anda untuk melakukan hal ini.

Satu lagi yang membuat Aplikasi Video Editing Untuk Pemula Sampai Profesional ini digemari banyak kalangan adalah video yang dihasilkan sangat tajam dan berkualitas baik. Anda bahkan bisa mengedit video HD dan 4K!

4. AVS Video Editor

Aplikasi edit video ini bisa digunakan untuk hampir semua format video. Anda juga bisa menyimpan hasilnya dalam berbagai format, seperti AVI, MP4, DVD, MKV, 3GP, VOB, MOV, dan masih banyak lagi. Untuk hasil lebih optimal, ada beberapa pilihan ukuran frame, seperti HD, Full HD, 2K Quad HD, DCI, 4K, dan 4K Ultra HD. Jadi, berapapun resolusi video aslinya, tidak akan berubah setelah diedit dengan AVS Video Editor. Hasilnya tetap jernih dan tajam. Beberapa fitur yang bisa anda gunakan, antara lain:

  • Menambahkan efek, memotong, membagi, menggabung beberapa video, rotasi posisi video, menambahkan teks, komentar, subtitle, dan transisi.
  • Proses editing lebig cepat, berkat dukung Integrated Video Cache Technology.
  • Membuat slideshow yang menarik, dengan menambahkan gambar, suara, caption, atau efek yang mengesankan.
  • Membuat video Blu-ray
  • Tersedia dalam banyak bahasa, dan masih banyak lagi

5. Adobe Premiere Pro

Teknologi Adobe sudah terbukti kehandalannya dalam berbagai aspek pekerjaan kreatif, termasuk dalam video editing. Adobe Premiere Pro digunakan oleh banyak editor profesional, karena fiturnya sangat lengkap dan bisa diandalkan untuk menghasilkan video sesuai kebutuhan. Aplikasi ini lebih pas digunakan di PC. Ada sejumlah smart tools yang mempermudah pekerjaan anda. Berikut adalah beberapa keunggulannya:

  • Tools kreatif yang jumlahnya nyaris tanpa batas
  • Integrasi dengan aplikasi dan layanan lain
  • Dukungan teknologi Adobe Sensei yang sudah terbukti keunggulannya dan banyak digunakan dalam dunia periklanan dan perfilman.
  • Fitur Premiere Rush, memungkinkan anda mengedit video yang diambil dari perangkat apapun.
  • Auto Reframe memungkinkan anda menghasilkan video untuk kebutuhan apapun dan frame apapun, seperti vertikal, persegi, 16:9, atau bahkan resolusi 4K

Dengan fitur handal yang ditawarkan, dipastikan anda tidak akan menyesal meski harus membayar untuk aplikasi ini.

Nah, itulah 5 Aplikasi edit video Untuk Pemula Sampai Profesional yang dan layak anda coba. Tentunya, masih banyak aplikasi lain di luar sana. Namun, 5 aplikasi ini telah dibuktikan dan direkomendasikan oleh banyak pengguna.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Aplikasi Edit Video Untuk Pemula Sampai Profesional