5 Aplikasi Digital Marketing Untuk Pemula

5 Aplikasi Digital Marketing Untuk Pemula

Di tengah pandemi virus corona yang sedang melanda di seluruh dunia, banyak perusahaan yang harus menghentikan operasi, mengurangi jam kerja karyawan, atau meminta karyawan bekerja dari rumah. Tapi, bukan berarti upaya marketing harus dihentikan selama periode ini. Bahkan, perusahaan semestinya semakin giat mempromosikan usahanya, sekaligus menunjukkan kepada konsumen bahwa mereka masih ada dan baik-baik saja. Salah satunya adalah melalui digital marketing. Mengapa digital marketing?

Pemasaran secara digital atau digital marketing menjadi opsi yang lebih rasional, karena perusahaan harus mengetatkan anggaran promosi di tengah perlambatan perekonomian global. Anda yang selama ini mungkin tidak begitu menekankan pentingnya pemasaran secara online bisa melakukannya mulai dari sekarang. Digital marketing bisa dikerjakan sendiri, jika anda memang harus menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan.

5 Aplikasi Digital Marketing Untuk Pemula

Pilihan Aplikasi Digital Marketing untuk Pemula

Ada beberapa aplikasi digital marketing untuk pemula yang bisa anda pelajari. Anda bisa merancang strategi digital marketing, mulai dari banner online, kampanye sosial media, atau Search Engine Optimization (SEO) dengan mudah. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi digital marketing untuk pemula yang layak anda pertimbangkan:

1. Google Primer

Tentunya, tidak ada yang meragukan kualitas produk-produk yang dikeluarkan perusahaan teknologi terbesar seperti Google. Aplikasi digital marketing ini cocok untuk semua jenis perangkat. Fitur yang disajikan sederhana dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Google Primer tersedia secara gratis di Playstore, dan bisa digunakan secara offline setelah di-install di perangkat. Ada beberapa aspek bisnis yang dapat anda pelajari dari aplikasi yang pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2017 ini, antara lain:

  • Perencanaan bisnis
  • Manajemen bisnis dan pemasaran
  • Iklan digital
  • Kampanye media sosial dan content marketing
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Analisis bisnis
  • Pengembangan situs website
  • Pemasaran via-email (email marketing)
  • Strategi branding, dan masih banyak lagi.

Karena bisa digunakan secara offline, anda bisa mempelajarinya kapanpun dan di manapun – tanpa membutuhkan alokasi waktu khusus. Anda juga bisa memperoleh saran personal tentang langkah pengembangan bisnis serta strategi pemasaran digital. Berkat pengetahuan yang didapat dari Google Primer, anda memiliki ‘modal’ untuk tetap mengelola bisnis dengan baik di tengah ketidakpastian pasar.

2. Social Ninja – SMM & Digital Marketing App

Namanya saja sudah menunjukkan kegunaannya, bukan? Aplikasi Digital Marketing Untuk Pemula ini memungkinkan anda menjalankan digital marketing layaknya sebuah agensi, namun tanpa biaya. Caranya? Anda hanya perlu mengikuti serangka pelajaran pendek tentang kampanye digital marketing yang ditawarkan oleh Social Ninja ini. Beberapa fitur yang bisa anda gunakan antara lain:

  • Lebih dari 75 pelajaran tentang digital marketing; Anda bisa belajar layaknya seorang profesional. Materi yang disajikan singkat, karena lebih difokuskan pada nilainya. Jadi, anda tidak harus membaca panjang-lebar tentang teori-teori pemasaran di aplikasi ini.
  • Pelajaran baru di-update setiap 2 minggu; Jika anda ingin menghasilkan lead dan penjualan yang lebih besar dari sebelumnya, jangan lupa mengikuti update content setiap 2 minggu.
  • Komunitas online untuk berdiskusi dan bertanya; Dapatkan jawaban atas pertanyaan anda secara instan dari anggota komunitas yang dipersembahkan untuk anda yang sedang belajar digital marketing. Semuanya tersedia secara gratis.
  • Ad shop; fitur berbayar tersedia untuk anda yang ingin mendapatkan layanan profesional dengan harga terjangkau. Di antaranya adalah materi tentang pembuatan graphics yang menarik, review kampanye online, serta analisis kinerja digital marketing anda.

Jika anda ingin meningkatkan penjualan di tengah ketidakpastian perekonomian, maka pemasaran digital yang benar adalah kuncinya. Di Social Ninja, anda akan mendapatkan rahasianya, mulai dari penggunaan format, landing pages, maupun platform lainnya. Teknik yang digunakan sudah terbukti, dan anda bisa bergabung dengan ribuan orang yang telah membuktikan kehandalannya.

3. Marketing Video, Promo Video & Slideshow Marker

Seperti namanya, aplikasi digital marketing untuk pemula ini lebih diarahkan untuk membantu anda membuat tools digital marketing, seperti video, promo video, dan slideshow. Media digital seperti ini sangat berguna dalam berbagai platform pemasaran digital, seperti website, blog, maupun media sosial. Beberapa fitur yang disediakan secara gratis di aplikasi ini antara lain:

  • Template slideshow siap pakai
  • Template editor yang mudah digunakan, sehingga anda bisa menambahkan sticker, gambar, maupun tulisan hias;
  • Menambahkan musik latar dari galeri yang sudah ada maupun dari perangkat anda
  • Menambahkan animasi pada slideshow
  • Mengatur Frame slideshow
  • Meng-eksport slideshow ke format video (MP4)

Video slideshow memungkinkan anda menambahkan content yang menarik di media sosial. Anda tidak perlu mempekerjakan seorang graphic designer untuk membuat slideshow profesional. Ada banyak koleksi template yang siap pakai di aplikasi digital marketing ini. Dengan Marketing Video, Promo Video & Slideshow Marker ini, anda bisa membuat slideshow pemasaran, slideshow ulang tahun disertai musik latar, slideshow untuk Instagram Story, Slideshow untuk Facebook Canvas, maupun video photo. Jadi, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Aplikasi Marketing Video, Promo Video & Slideshow Marker juga tersedia dalam skema berbayar, yakni Marketing Video Maker Pro, dengan skema pembayaran bulanan, enam bulanan, maupun tahunan. Ada banyak fitur tingkat lanjut yang bisa anda nikmati dengan skema berbayar ini, seperti graphics premium, template premium, dan layanan tanpa iklan di dalam apps.

4. Belajar Ilmu Digital Marketing Online

Jika anda mencari aplikasi digital marketing untuk pemula dalam Bahasa Indonesia, maka ini adalah salah satu rekomendasinya. Aplikasi ini dikembangkan anak negeri, yakni Ahbar Studio. Anda bisa belajar ilmu pemasaran online dan pemasaran digital di satu aplikasi. Ada panduan detil yang bisa anda ikuti dalam bentuk tata cara dan tutorial. Beberapa materi yang bisa anda pelajari, antara lain:

  • Strategi pemasaran online dan pemasaran via internet
  • Search engine optimization (SEO)
  • Pemasaran melalui media sosial secara umum
  • E-Marketing
  • Topik khusus tentang pemasaran via Facebook, Instagram, maupun YouTube
  • Topik khusus tentang Facebook Ads
  • Pemasaran via email (e-mail marketing)
  • Online shop, marketplace, dan e-commerce

Bukankah materi-materi ini yang anda butuhkan untuk pemasaran digital? Dapatkan tips menarik dan langkah-langkah kerjanya secara gratis. Jadi, anda bisa meningkatkan penjualan dan menambah pendapatan sekalipun kondisi perekonomian global sedang bermasalah.

5. Pembuat Poster Pemasaran Digital

Satu lagi aplikasi digital marketing untuk pemula buatan anak negeri, yakni Simply Entertaining. Fokusnya juga sama, yakni membantu anda melakukan pemasaran digital, seperti melalui media sosial, tanpa harus menyewa desainer grafis yang mahal. Anda bisa menyebarkan poster iklan maupun selebaran tentang bisnis anda. Tentunya bukan dari orang-ke-orang di dunia nyata, melainkan melalui media online, seperti medsos.

Aplikasi Poster Maker ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu memilih latar belakang yang diinginkan, rasio yang dibutuhkan, serta tulisan yang menarik. Kemudian, tambahkan sticker cantik, gambar tentang bisnis anda dari galeri perangkat anda, atur sedikit, maka poster online andapun sudah jadi! Anda bisa menyimpan poster yang sudah jadi di perangkat dan membaginya ke media sosial kapanpun anda mau. Semudah itu? Ya. Anda bisa melakukannya dengan Pembuat Poster Pemasaran Digital ini.

Lalu, mana aplikasi digital marketing untuk pemula yang anda pilih?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 5 Aplikasi Digital Marketing Untuk Pemula