5 Alasan Mengapa Mengelola Bisnis Menggunakan Website

5 Alasan Mengapa Mengelola Bisnis Menggunakan Website

Zaman sudah mulai berubah, kebutuhan website bisnis terbaik bagi pelaku usaha menengah adalah sebuah keharusan. Saat ini sudah sangat lazim seorang calon pembeli mempertanyakan alamat website guna melihat harga, kualitas, testimoni, dan lain sebagainya terkait produk tersebut.

Sebagai pelaku usaha kamu mungkin masih ragu untuk membuat bisnis menggunakan website, hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan seseorang terhadap manfaat memiliki website, dan mengira bahwa membuat website harus mengeluarkan anggaran yang besar.

Ada banyak manfaat memiliki website bisnis, diantaranya adalah produk dagangan kamu memiliki peluang untuk dilihat oleh orang di seluruh dunia, dapat di lihat dalam waktu selama 24 jam, menimbulkan kesan profesional, dan lain sebagainya. Selain itu harga untuk membuat website bisnis juga sebetulnya tidak terlalu mahal, bahkan kamu bisa mendapatkan website bisnis online gratis.

Mengapa Harus Punya Website?

Tak hanya perusahaan besar saja yang bisa memiliki website, bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) juga sangat layak dan harus memiliki website. Kamu masih ragu untuk membuat website bisnis? Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus membuat website bisnis terbaik untuk produk dagangan.

Meningkatkan kepercayaan konsumen

Beberapa tahun belakangan ini banyak terjadi tindak penipuan yang dilakukan secara online, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis online pun semakin menurun. Sebab itu bagi kamu para pelaku bisnis kehadiran website sangat diperlukan, dengan adanya website selain untuk mengupload produk dagangang juga bermanfaat untuk memberikan informasi terkait dengan alamat toko, nomor telepon, profil pemilik, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya.

Coba bayangkan jika kamu tidak memiliki website, dan orang lain tidak bisa menemukan informasi apapun terkait dengan bisnis yang kamu kelola, maka efeknya adalah mereka mungkin akan meragukan bisnismu dan mencari perusahaan lain yang lebih transparan memberikan informasi ke publik melalui website bisnis terbaik.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan google bisnisku yang bermanfaat untuk mempermudah orang lain menemukan lokasi fisik toko. Dan memperoleh penilaian dari mereka, sehingga bagi pengunjung baru bisa mudah percaya dengan bisnis yang kamu kelelo berdasarkan membaca testimoni dan penilaian dari pengunjung sebelumnya.

Sebagai alat promosi yang murah

Masih banyak yang beranggapan bahwa biaya untuk membuat website itu mahal, namun sebetulnya jika dibandingkan dengan biaya promosi di koran, radio, maupun televisi membuat website sebagai media promosi biayanya jauh lebih murah. Yang dibutuhkan untuk membuat website adalah nama domain, hosting, dan template.

Adapun harga domain dan hosting terbaik adalah sekitar 800 ribu per tahun, itu artinya kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 2.200 perhari untuk biaya website. Bagi kamu yang masih awam tentang dunia website, silahkan bisa lebih mempelajari tentang bagaimana cara membuat website untuk bisnis.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki website maka kamu juga bisa memanfaatkan fitur dari google adword. Yakni melakukan promosi berbayar melalui google agar website kamu berada di urutan paling atas. Dengan menggunakan google adword kamu juga bisa menargetkan pengunjung atau calon pembeli, mulai dari jenis kelamin, asal daerah, usia, dan lain sebagainya.

Bisa dikunjungi dari mana saja dan kapan saja

Alasan selanjutnya mengapa kamu harus membuat bisnis menggunakan website terbaik adalah, sebesar apapun bisnis yang kamu kelola tentu masih ada batasan jarak dan waktu sehingga sangat tidak dimungkinkan untuk bisa dikunjungi sewaktu-waktu. Berbeda dengan website bisnis, pelanggan bisa saja mengunjungi website tersebut dari mana saja, termasuk dari luar negeri sekalipun.

Selain itu informasi yang ada didalam website bisnis juga bisa selalu terhubung dengan pelanggan, berbeda dengan brosur, katalog, maupun kartu nama. Hanya dengan hitungan beberapa minggu atau bulan saja selebaran tersebut bisa rusak atau hilang.

Berbeda dengan website bisnis, selama domain dan hosting masih selalu aktif maka website tersebut akan selalu ada dan kamu bisa setiap hari mengupdate informasi terkait dengan usaha atau bisnis yang kamu kelola.

Menghemat waktu

Bayangkan saja jika kamu adalah pengusaha kuliner dan sudah memiliki banyak pelanggan, sedangkan seluruh pelanggan tersebut melakukan proses order secara offline, tentu hal tersebut bisa saja memicu pada antrian yang panjang dengan waktu tunggu yang lama.

Berbeda jika kamu sudah memiliki website yang didalamnya tersedia fitur order, metode pembayaran, dan jasa kurir. Tentu hal tersebut mampu menghemat waktu dan sebagian pelanggan pun lebih merasa puas sebab dipermudah.

Belum lagi jika misalnya kamu adalah pengusaha dibidang fashion dan memiliki pelanggan dari luar daerah. Dengan adanya website maka pelanggan tersebut lebih bisa menghemat waktu dengan cara tidak secara langsung berkunjung ke toko milikmu.

Sebagai penghasilan tambahan

Selain sebagai media untuk promosi produk dagangan dan pusat informasi toko fisik, website dengan jumlah trafik yang tinggi juga bisa menghasilkan uang diluar usaha atau bisnis yang sedang kamu kelola, salah satunya adalah membuka jasa periklanan dan endorsement.

Website dengan jumlah trafik atau pengunjung yang banyak biasanya di lirik oleh perusahaan-perusahaan besar seperti markerplace tokopedia, lazada, dan lain sebagainya. Mereka membutuhkan jasa kamu untuk ikut mempromosikan atau mereview marketplace tersebut, dan di situlah kamu akan memperoleh uang tambahan.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan pentingnya mengelola bisnis menggunakan website terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 5 Alasan Mengapa Mengelola Bisnis Menggunakan Website flagcounter