4 Cara Ampuh Atasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Salah satu situasi paling tidak menyenangkan adalah saat pekerjaan sedang hectic atau tugas menumpuk tapi laptop justru tidak mau tersambung ke jaringan WiFi yang ada. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui penyebab dan cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi. Apa saja sih yang menjadi alasan perangkat pintar Anda begitu?

Laptop tidak bisa connect WiFi

Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Hotspot WiFi?

Bicara soal penyebab, ada beberapa faktor yang membuat laptop sampai tidak mau terhubung dengan jaringan hotspot Anda. Salah satunya adalah fitur WiFi belum dinyalakan (turn on) yang sering kali tidak disadari oleh pemilik laptop. Jika ini masalahnya, solusinya yaitu dengan klik ikon Action Center di sebelah kanan bawah laptop Anda.

Cukup sekali klik di tab WiFi, maka akan langsung aktif dan dapat dihubungkan dengan hotspot yang tersedia. Anda juga bisa melihat WiFi menyala atau tidak dari lampu indikatornya di beberapa merek laptop. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil, maka bisa jadi penyebabnya salah satu di antara faktor berikut :

  • Driver WiFi di laptop Anda perlu dilakukan pembaruan atau install ulang.
  • Jaringan internet mengalami gangguan sehingga muncul notifikasi limited access atau network unidentified.
  • Router yang bertugas memancarkan WiFi tidak berfungsi dengan baik.
  • Anda tidak sengaja mengaktifkan mode pesawat di laptop dan masih banyak lagi.

Kira-kira, ada tidak penyebab laptop tidak bisa connect WiFi yang sesuai dengan situasi Anda?

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Detect WiFi Akibat Driver Bermasalah

Bagaimana cara mengetahui bahwa WiFi Anda tidak bisa terhubung dikarenakan driver bermasalah? Tanda pastinya adalah lampu indikator tidak mau menyala dan berulang kali klik tab WiFi tidak ada perubahan. Jika menemukan kondisi demikian, silakan lakukan langkah install ulang driver yang mudah seperti berikut :

  1. Klik ikon folder atau File Explorer pada laptop Anda. Masuk ke menu, pilih opsi This PC, lalu klik kanan.
  2. Pilih opsi Manage ⇒ System Properties ⇒ Device Manager.
  3. Jika sudah masuk ke jendela Device Manager, pilih Network Adapters.
  4. Klik kanan, pilih Uninstall. Biarkan proses berjalan, karena setelah itu driver akan langsung terinstal ulang secara otomatis dengan versi yang lebih baru. Selesai.

Jika memang masalahnya terletak pada driver, maka seharusnya laptop Anda sudah langsung bisa terkoneksi lancar dengan hotspot WiFi yang tersedia.

Laptop Tidak Bisa Membaca WiFi Akibat Limited Access dan Network Unidentified

Apabila yang bermasalah adalah jaringan hotspot-nya, pada tab WiFi di Action Center, Anda akan menemukan status Limited Access atau Network Unidentified. Jadi, laptop terhubung dengan sambungan internet tetapi tidak mau dijalankan untuk menjelajah. Bila penyebab laptop tidak bisa connect WiFi demikian, solusinya :

  1. Klik kanan pada ikon Start Menu di pojok kanan bawah layar laptop Anda.
  2. Pilih opsi Control Panel ⇒ Network & Internet.
  3. Selanjutnya klik Network and Sharing Center ⇒ Manage Wireless Network.
  4. Hapus cache WiFi yang pernah terhubung sebelumnya sampai bersih. Tumpukan cache ini memang kadang memengaruhi kelancaran sambungan internet.
  5. Matikan kemudian nyalakan lagi WiFi laptop Anda. Dijamin, akses internet sudah lancar tanpa masalah.

Cara Memperbaiki Sambungan WiFi Laptop Akibat Router Bermasalah

Pemancar alias hotspot WiFi yang disebut juga dengan router kadang juga menimbulkan masalah sehingga laptop tidak mau terkoneksi dengan internet. Guna mengetahui apakah masalahnya ada pada router atau bukan, maka Anda bisa menyambungkan laptop terlebih dulu dengan jaringan internet lain. Menggunakan fitur tethering dari ponsel misalnya.

Apabila laptop bisa tersambung dan internet berjalan lancar, berarti memang masalahnya ada pada router. Ada beberapa alasan yang mengakibatkan pemancar WiFi sampai bermasalah :

  • Suhu perangkat yang sudah terlalu panas di mana secara otomatis akan menurunkan kinerja untuk menghindari korsleting hingga kerusakan.
  • Posisi router kurang pas sehingga tidak bisa memancarkan sinyal dengan baik.
  • Sempat terjadi pemadaman listrik di mana pemancar tidak bisa otomatis menyambung ke jaringan ketika sudah nyala kembali.

Masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Anda bisa melakukan restart perangkat atau mengistirahatkan sebentar router sebelum menggunakannya kembali. Jika tetap laptop tidak bisa connect WiFi, maka cabut sebentar kabel baru memasangnya kembali.

Penyebab WiFi Laptop Tidak Mau Connect

Apabila solusi-solusi di atas belum dapat mengatasi permasalahan konektivitas WiFi di laptop Anda, jangan menyerah dulu. Masih ada beberapa cara alternatif untuk mengatasinya tergantung penyebabnya :

1) Mode Pesawat Aktif

Sebagaimana ponsel pintar, saat mode pesawat aktif, segala macam sambungan telekomunikasi otomatis terblokir, termasuk WiFi. Meskipun saat ini sudah ada perbaruan di mana airplane mode aktif namun WiFi tetap jalan, tetapi masih jarang yang dapat menerapkannya. Bisa jadi mode pesawat yang aktif ini penyebab WiFi Anda tidak mau terhubung.

Anda bisa memeriksa di mode Action Center apakah mode pesawat di laptop sedang aktif atau tidak. Bila aktif, maka langsung matikan, kemudian nyalakan WiFi agar jaringan restart sehingga sambungan bisa kembali normal seperti semula. Internet akan berjalan lancar tanpa masalah dengan cara yang satu ini.

2) Quiet Hours Aktif

Selain mode pesawat sedang aktif, biasanya jam tenang alias quiet hours juga tidak sengaja menyala. Meskipun hanya pada jam-jam tertentu saja, namun sambungan internet dan segala macam notifikasi otomatis akan diblokir oleh sistem laptop.

Bisa kembali normal dengan sendirinya tetapi kadang ada juga yang perlu dinonaktifkan secara manual. Caranya kurang lebih sama dengan mematikan mode pesawat, yaitu lewat menu Action Center, klik tab Quiet Hours.

Aturan Pemakaian WiFi di Laptop

Apakah salah satu cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi di atas dapat menyelesaikan kendala sambungan internet di perangkat Anda? Jika sudah tidak menemukan masalah lagi terkait konektivitas WiFi, bukan berarti Anda bisa menggunakan sambungan nirkabel tersebut sesuka hati. Tetap gunakan secara bijak agar tidak berlebihan.

Jika tidak digunakan, lebih baik matikan sambungan WiFi Anda. Sebab, koneksi nirkabel seringkali berisiko terkait sabotase akibat keamanan yang rentan. Terlebih jika Anda terhubung ke sambungan internet publik yang dapat diakses oleh banyak orang. Jangan sembarangan menjelajah kecuali menggunakan WiFi pribadi yang lebih aman.

Selain itu, berlebihan dalam menggunakan WiFi di laptop akan membuat kesehatan baterai bermasalah. Laptop menjadi lebih mudah panas karena kinerja dua kali lipat lebih berat. Pastikan sistem cooling berjalan dengan baik. Jika perlu, selama digunakan untuk menjelajah internet, gunakan kipas pendingin eksternal agar suhu komponen stabil dan tidak cepat rusak.

Lengkap bukan informasi tentang laptop tidak bisa connect WiFi di atas? Tidak bisa dimungkiri memang bahwa internet merupakan kebutuhan wajib untuk terkoneksi dengan perangkat pintar yang dimiliki. Namun, jika ternyata semua cara di atas tidak membuahkan hasil, Anda dapat mencoba memeriksa kondisi chipset WiFi yang mungkin harus diganti.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar