3 Tips Google Drive Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

3 Tips Google Drive Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Google Drive telah menjadi pesaing besar bagi Microsoft Office 365 untuk penyimpanan cloud dan perangkat lunak perkantoran. Salah satu alasan popularitasnya adalah karena kamu dapat memahami dasar-dasarnya dengan sangat cepat.

Sementara dasar-dasarnya mungkin mudah dipelajari, banyak fitur terbaik tidak diperhatikan. Bahkan, ada lusinan fitur yang tersembunyi di dalam menu Sheets, Documents, dan Google Drive itu sendiri.

Beberapa tips itu bisa meningkatkan produktivitas dan juga cara mencari file lebih cepat. Ada juga cara mengelola cadangan cloud dan beberapa tips Google Drive yang lainnya. Untuk jelasnya lihat detail nya dibawah ini.

Tips Google Drive Menggunakan Advanced Search Tools

Salah satu masalah terbesar yang akan kamu hadapi ketika menggunakan Google Drive lebih sering adalah menemukan file. Untungnya, Google Drive memiliki beberapa fungsi pencarian lanjutan yang dapat kamu gunakan untuk menentukan file.

Klik search bar dan klik More search tools. Kamu sekarang memiliki daftar alat yang luas yang tersedia untuk menyempurnakan pencarian kamu. Misalnya, kamu dapat memilih jenis file termasuk dari Foto dan presentasi hingga file dan folder zip. Itu baru permulaan. Kamu juga dapat memfilter hasil berdasarkan file terakhir kali dimodifikasi, dan juga memfilter menurut teks yang ditemukan dalam file itu sendiri.

Tips Google Drive Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Access History dan Restore Backups di Google Docs & Sheets

Google Documents dan Google Sheets akan secara otomatis menyimpan saat kamu mengerjakan dokumen. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa kamu dapat mengklik Semua perubahan yang disimpan dalam teks Drive untuk melihat dan memulihkan revisi sebelumnya.

Google Drive akan secara otomatis mencatat semua perubahan sejak awal waktu, selama kamu pertama kali membuat file itu sendiri. Dan hanya dengan satu tombol kamu dapat mengembalikan versi yang lebih lama. Atau, cukup gulir ke revisi sebelumnya dan klik pada masing-masing revisi agar semua perubahan disorot.

Tips Google Drive Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Batasi Izin ke Sel-Sel Tertentu di Google Sheets

Sangat mudah untuk berbagi file Google Sheets dan Documents untuk berkolaborasi dengan orang lain. Cukup klik File> Share> Get Shareable Link. Namun, segera setelah mengatur izin, siapa saja yang memiliki tautan dapat mengedit dokumen kamu. Ini berarti mereka dapat membuat perubahan apa pun secara default. Untuk menjaga file dari perubahan, kamu dapat melakukan hal ini.

Klik dan seret area yang ingin kamu lindungi, klik kanan dan kemudian klik Protect Range. Dari sana, panel baru akan terbuka di sisi kanan layar. Berikan kisaran deskripsi sehingga kamu dapat memahami apa itu nanti, lalu klik Set permissions.

Tips Google Drive Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Nah itu tadi 3 tips Google Drive yang mungkin saja belum kamu ketahui. Mungkin di lain waktu akan kami tambah lagi tips-tips yang lain.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 3 Tips Google Drive Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui