3 Cara Memindahkan File HP ke Komputer

3 Cara Memindahkan File HP ke Komputer

Apa saat ini kapasitas ponsel Anda hampir penuh sehingga kinerjanya terhambat? Jika begitu Anda harus mulai memindahkan file ke PC atau laptop. Aktivitas tersebut tak melulu mengharuskan menggunakan kabel data yang dihubungkan ke ponsel dan PC atau laptop. Hebatnya lagi file-file yang dipindahkan tersebut tak akan berkurang kualitasnya. Berbeda dengan mengirim file menggunakan aplikasi WA atau email yang umumnya membuat file terkompres otomatis.

Bagaimana cara memindahkan file HP ke komputer? Simak ulasan berikut ini agar segera dapat mencobanya pada gawai milik Anda.

3 Cara Mengirim File Tanpa Kabel Dari Android Ke Komputer

1. SHAREit

Aplikasi ini bisa digunakan untuk memindahkan berbagai format file mulai dari aplikasi, berkas, video, foto, dan lain-lain. Anda dapat menggunakannya di laptop, PC serta perangkat Android, termasuk smartphone.

Keunggulannya, file yang dikirimkan melalui SHAREit tak akan berkurang kualitasnya. Selain memindahkan file dari ponsel ke PC Anda juga dapat melakukan yang sebaliknya. Syaratnya kedua perangkat harus sudah terinstal aplikasi ini. Proses transfer file tidak membutuhkan data internet pada SIM card ponsel, melainkan konektivitas WIFI. Berikut panduannya!

  • Akses aplikasi SHAREit pada perangkat Android, selanjutnya tinggal klik tombol “Send”.
  • Lanjutkan dengan memilih file yang ingin dipindahkan, baik satu file saja atau beberapa file sekaligus dan klik “Next”.
  • Aplikasi akan mendeteksi perangkat yang juga sudah mempunyai SHAREit di dalamnya.
  • Akses aplikasi SHAREit pada PC/laptop dan klik “Receive”.
  • Ponsel Anda akan menampilkan nama perangkat PC/laptop. Tinggal pilih saja tujuan penerima file dan SHAREit akan langsung mengirimkannya.
  • Untuk mengirim file dari PC/laptop ke ponsel Anda, lakukan prosesur yang sama.

SHAREit tak hanya dapat digunakan di Android, tetapi juga pada perangkat yang lain seperti Windows Phone, Windows, dan iOS. Aplikasi ini juga bisa digunakan pada semua jenis merk laptop, mulai Samsung, Apple, Dell, Lenovo, dan sebagainya. Menariknya lagi aplikasi ini tak berbayar alias gratis.

Apa saja keunggulan SHAREit? Jangan ragu untuk mengunduh aplikasi ini pada smartphone dan PC/laptop Anda karena banyak sekali kelebihannya dan praktis digunakan. Simak informasinya!

  • Jika dibandingkan Bluetooth atau perangkat NFC, SHAREit dapat mentransfer data lebih cepat, bahkan sampai 200 kali lipat. Tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh kapasitas file yang dibagikan.
  • Seperti yang telah disinggung sebelumnya, proses berbagi file dengan SHAREit tak membutuhkan internet dari SIMcard, melainkan WIFI. Untuk perangkat iPhone pastikan perangkat tujuan ada di jaringan WIFI atau SSID yang sama dengan iPhone itu.
  • Aplikasi ini menjamin Anda dapat berbagi file dalam format apa pun, termasuk kontak telepon. Meski begitu perlu diperhatikan apakah perangkat penerima file dapat membaca format yang dibagikan dari gawai Anda.
  • SHAREit memperbolehkan mengirim ke lebih dari satu perangkat dengan mudah. Jumlah file yang dikirimkan pun hinga 5 file pada sekali proses.

2. Mi Drop

Selain SHAREit, aplikasi MiDrop juga merupakan alternatif cara memindahkan file HP ke komputer yang bisa jadi pilihan. Lagipula system kerjanya hampir sama dengan SHAREit. Mi Drop sebelumnya adalah aplikasi bawaan dari brand Xiaomi untuk kebutuhan berbagi file sesama ponsel atau sesama PC/laptop. Keunggulannya, selain penggunaannya mudah juga hanya perlu WiFi saja atau nirkabel. Berikut langkah-langkahnya!

  • Unduh aplikasi Mi Drop pada Google Playstore jika ponsel Anda bukan merk Xiaomi. Ini karena produk-produk keluaran Xiaomi sudah dilengkapi aplikasi tersebut.
  • Koneksikan ponsel ke jaringan WiFi menggunakan system tethering dari smartphone lain atau router.
  • Demikian pula PC/laptop juga harus terhubung pada WiFi.
  • Akses aplikasi Mi Drop dan klik di bagian kiri atas untuk menghubungkannya dengan PC/laptop.
  • Klik “mulai” dan Anda akan melihat alamat yang wajib dicatat. Alamat dimaksud berupa deretan kombinasi angka.
  • Akses Windows Explorer pada PC/laptop dan input alamat tersebut pada bar.
  • Jika Anda menginput alamat dengan benar, seharusnya kedua perangkat sudah terkoneksi pada jaringan yang sama.
  • Pada monitor akan tampil list folder yang ada pada memori internal.
  • Tinggal klik pada file-file yang ingin dibagikan. Caranya adalah, klik tombol Ctrl sambil tekan mouse kiri, klik kanan, dan pilih “Copy”.
  • Salin atau “paste” file pada lokasi yang diinginkan di PC/laptop.

Kelebihan aplikasi besutan Xiaomi ini adalah pada kepraktisannya, sehingga Anda tak perlu membawa-bawa kabel data kemana pun. Tetapi perlu diketahui bahwa kecepatan transfe data aplikasi ini sedikit terbatas dan memerlukan waktu agak lama jika file yang dipindahkan berukuran besar.

3. Airdroid

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat smartphone Android dengan PC/laptop secara wireless. Airdroid juga dapat digunakan untuk memonitor ponsel orang lain asalkan hp tersebut sama-sama mempunyai aplikasi tersebut. Ini misalnya untuk orang tua yang ingin memantau aktivitas digital anak-anaknya yang sudah dibekali smartphone. Dengan PC/laptop di rumah Anda akan dapat mendeteksi situs mana saja yang diakses oleh buah hati.

Meski begitu yang akan kita bicarakan pada artikel ini adalah fungsi Airdroid untuk berbagai file ke berbagai perangkat. Artinya Anda tak perlu lagi kabel data, USB, atau konektor lainnya. Simak caranya berikut ini!

  1. Pertama unduh Aplikasi Airdroid ini dari Google Playstore.
  2. Lakukan instalasi dan tunggu hingga prosesnya tuntas. Jika sudah, aplikasi tersebut sudah terpasang pada ponsel Anda.
  3. Akses dan jalankan aplikasi tersebut dan lakukan registrasi atau login.
  4. Cari tautan url pada aplikasi untuk diinput pada PC/laptop Anda.
  5. Tentu saja laptop Anda juga harus terkoneksi dengan jaringan yang sama dengan smartphone.
  6. Buka browser pada perangkat, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, UC, atau yang lainnya dan masukkan tautan url yang tertera pada aplikasi.
  7. Jika tautan yang dimasukkan sudah benar, dialog box akan muncul dan klik “accept”.
  8. Jika proses tersebut Anda lakukan dengan benar, artinya ponsel dan perangkat PC/laptop Anda telah terkoneksi.
  9. Untuk membagikan file tinggal klik menu file yang ada pada desktop PC/laptop dan pilih file mana saja yang ingin dipindahkan. Contohnya Anda berniat memindahkan file dari ponsel ke PC/laptop, klik “upload” pada file dan secara otomatis proses pengiriman akan dimulai. Lakukan hal yang sama untuk memindahkan file dari PC/laptop ke Android.

Selain 3 aplikasi di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang dinamakan Pushbullet. Selain memantau dan membagikan file antar perangkat, aplikasi ini juga memungkinkan untuk mendapatkan notifikasi aplikasi serta sms dari smartphone pada PC/laptop Anda. Jika ingin mengirim atau membalas pesan singkat melalui PC/laptop pun juga bisa. Aplikasi Pushbullet juga berfungsi untuk menjelajahi file pada ponsel Anda menggunakan perangkat PC/laptop persis seperti fitur explorer.

Nah, semoga informasi tentang cara memindahkan file HP ke komputer ini bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 3 Cara Memindahkan File HP ke Komputer