3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Jika Anda bekerja sebagai pegawai di suatu perusahaan, pastilah Anda memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya Anda pun juga sadar bahwa setiap bulannya, perusahaan yang menjadi tempat Anda bekerja akan memotong beberapa persen dari gaji bersih untuk membayar iuran ini. Kini melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pun tidak harus dilakukan dengan rumit bahkan kini sudah bisa menggunakan teknologi yang canggih jarak jauh.

cek saldo BPJS ketenagakerjaan

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Mudah

Seringkali banyak orang yang mempertanyakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini dan siapa saja yang bisa mendapatkannya. Seluruh pegawai di Indonesia harus menjadi peserta dari BPJS Ketenagakerjaan ini entah mereka yang bekerja di sektor non formal maupun formal. Di sektor informal, perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh karyawannya terdaftar dan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pihak perusahaan juga bertanggung jawab untuk menanggung iuran atas kepesertaan karyawannya.

Bagi yang bekerja di bagian sektor non formal, mereka bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan namun mereka harus membayar sendiri untuk uang ikut sertanya sesuai dengan UMP atau Upah Minimum Provinsi. Proses mencairkannya mudah selama Anda memiliki persyaratan dan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan sekitar. Dari semua syarat yang ada, salah satunya adalah Anda sudah menjadi peserta selama 5 tahun. Untuk itu, pastikan anda mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan anda secara rutin.

Jika Anda hanya bekerja di suatu perusahaan hanya setahun saja dan kemudian keluar, maka Anda tidak bisa mengklaim dana apapun dan harus menunggu sampai 5 tahun. Kini kondisi untuk melakukan pengecekan saldo dan informasi apapun lebih mudah bahkan klaim pun dilakukan secara online.

Cara Cepat dan Online Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda bisa mencoba untuk mendaftarkan nomor tanda peserta yang terdapat pada kartu BPJS milik Anda. Sistem kerja dari BPJS ini sesuai dengan premi yang Anda bayarkan dan hasilnya nanti bisa dikembalikan lagi kepada Anda seperti layaknya investasi jangka panjang yang sesuai dengan programnya. Makin lama Anda bekerja, maka sudah jelas saldo BPJS ini juga semakin tinggi nilainya dan Anda bisa melakukan cek secara online atau dengan metode yang lainnya dan inilah beberapa caranya antara lain:

  • Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

Cara yang termudah dan paling banyak digunakan oleh semua orang adalah mengecek saldo dengan menggunakan SMS. Disini Anda tidak perlu lagi datang langsung ke kantor BPJS bahkan juga tidak perlu membeli komputer sama sekali bahkan juga membeli ponsel pintar yang canggih. Ini adalah cara paling mudah dan merakyat dimana Anda cukup mengirimkan format SMS pada nomor center BPJS Ketenagakerjaan dan selanjutnya Anda akan memperoleh respon langsung berupa jumlah nominal saldo dari BPJS Ketenagakerjaan.

Akan tetapi, semua pesertanya wajib untuk melakukan pendaftaran lebih dulu supaya mereka bisa mengecek saldo atau status dari BPJS Ketenagarkerjaan dan inilah format yang harus Anda ketikkan jika ingin tahu saldo akun Anda antara lain:

  1. Ketik di ponsel Anda DAFTAR(spasi)SALDO#NoKTP#Nama#TanggalLahir#NomorpesertaBPJS dan kirim menuju nomor 2757. Contohnya adalah DAFTAR SALDO#2736491849372918#BUDIONO#10041980#123456789 dan kirim menuju nomor 2757. Nantinya Anda akan memperoleh balasan terima kasih sudah mendaftar dan Anda memperoleh nomor ID Anda.
  2. Bila nomor peserta sudah Anda terima, maka Anda bisa cek saldo yang Anda miliki dan caranya adalah membalas pesan itu dengan format yang berbeda lagi yaitu SALDO(spasi)Nomorpeserta dan kirim lagi ke nomor yang sama 2757. Selanjutnya, Anda pun akan memperoleh pesan balasan berisi jumlah saldo yang Anda miliki.
  3. Layanan SMS ini hanya bagi peserta BPJS yang memiliki provider XL, Indosat dan Telkomsel saja. Namun ada kalanya Anda mungkin mengganti nomor ponsel yang Anda miliki dan jika demikian, maka Anda harus mendaftar kembali dengan format yang berbeda yaitu DAFTAR(spasi)Ganti(spasi)HP#nomorponsellama#NoKTP dan kirim ke nomor yang sama yaitu 2757.
  4. Jika Anda ingin mengganti pin dari BPJS Anda, maka Anda harus mendaftar lagi dengan format DAFTAR(spasi)Ganti(spasi)#pinlama#pinbaru dan kirim ke 2757.
  • Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU

Cara mudah lain untuk Anda pengguna mobile gadget untuk mengecek saldo BPJS adalah dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU yang bisa diunduh dengan gratis melalui App Store untuk Anda pengguna iOS dan juga Play Store bagi yang menggunakan Android. Disini Anda bisa melakukan beberapa langkah yang mudah dan sederhana sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU sesuai dengan sistem operasi ponsel yang Anda miliki apakah dengan Play Store atau menggunakan App Store dan selanjutnya Anda bisa menekan “Pendaftaran Pengguna Baru” dan tap satu kali.
  2. Kemudian Anda bisa memiliki tipe dari kepesertaan BPJS yang Anda ikuti dan di dalamnya terdapat tiga pilihan yaitu PMI atau Pekerja Migran Indonesia, BPU atau Bukan Penerima Upah dan PU atau Penerima Upah. Jika Anda merupakan seorang karyawan swasta di suatu perusahaan swasta, maka Anda harus memilih Penerima Upah atau PU.
  3. Kemudian Anda harus melengkapi seluruh data diri yang terdapat disana dan isi dengan benar sesuai dengan KTP yang Anda pegang. Selanjutnya, Anda harus mengisi nomor kepesertaan atau KPJ yang tercantum di kartu BPJS yang Anda miliki.
  4. Selanjutnya Anda bisa memasukkan email yang digunakan untuk username Anda ketika login masuk menuju aplikasi. Langkah berikutnya Anda harus membuka email dan input kode verifikasi yang diikirimkan kepada Anda menuju aplikasinya. Kemudian Anda hanya perlu mengisi nomor ponsel yang Anda gunakan secara aktif.
  5. Masukkan lagi kode verifikasi yang telah dikirimkan via SMS dan buat kata sandi yang akan Anda gunakan setiap melakukan login di dalam aplikasi itu. Proses registrasinya pun telah selesai dan kemudian Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mengecek saldo, maka Anda bisa memilih menu “Lihat Saldo” dan jumlah nominal saldo Anda akan tercantum di layar ponsel Anda.
  • Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website resminya

Selama Anda memiliki koneksi internet yang kuat, maka Anda bisa menggunakan metode ini untuk mengecek saldo yang Anda miliki dan berikut merupakan caranya antara lain:

  1. Masuk ke laman resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan siapkan kartu BPJS milik Anda. Setidaknya jika malas mengeluarkan kartu, Anda bisa langsung menyiapkan nomor KPJ yang Anda miliki.
  2. Cari dan tekan menu “Layanan Peserta” dan kemudian tekan “Pilih Tenaga Kerja” dan selanjutnya akan muncul pilihan “BPJSTKU dan Antrian Online”. Untuk mengecek saldo, maka Anda bisa memilih BPJSTKU dan Anda bisa masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan halaman login akan muncul.
  3. Jika Anda masih tergolong pengguna baru dan belum pernah sama sekali melakukan cek online, maka buat dulu akun dengan cara menekan Daftar Pengguna dan isi saja formulir pendaftarannya dengan melengkapi beberapa poin penting mulai dari nomor KTP, nama, nomor kartu Jamsostek atau KJP dan tekan Setuju pada bagian ketentuan untuk penggunaan layanan dan jika Anda sudah mengisi semua data dengan baik, maka tekan Submit Data.

Inilah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan secara online tanpa perlu pergi ke kantor langsung dan cukup cepat bahkan mudah untuk para pengguna baru sekalipun.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program 3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online