10 Rekomendasi SSD Terbaik Dan Apa Itu M2 SSD

Penggunaan laptop atau komputer saat ini semakin canggih karena hadir perangkat pendukung untuk ruang penyimpanan bernama M2 ssd. Tentunya dalam bagian laptop atau komputer sendiri ada ruang penting yaitu ruang penyimpanan. Fungsi vital sebagai ruang berbagai macam dokumen serta data.

Saat ini ruang penyimpanan terbagi menjadi dua yaitu HDD atau disebut juga hard disk drive dan SSD atau solid state drive. Untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, SSD merupakan pilih terbaik, apalagi hadi M2 SSD. Apa itu M2 SSD dan rekomendasi SSD terbaik bisa dilihat penjelasan berikut ini.

Rekomendasi SSD terbaik

Apa Itu M2 SSD?

SSD merupakan solid state drive yang memang difungsikan untuk penyimpanan dan ukurannya dari waktu ke waktu semakin menyusut. Sehingga semakin canggih teknologi lahirlah sebuah inovasi baru jenis M2 SSD yang ukurannya lebih mini. Disebut juga dengan mini-SATA yang hanya memiliki papan sirkuit segi empat dan masuk ke slot papan motherboard laptop atau PC.

Adanya faktor bentuk dari M2 ini sangat mungil dan layaknya bentuk permen karet. Dengan melihat label dan nomor yang tertera maka bisa bisa menentukan ukuran milimeter M2. Yaitu pada dua angka pertama berupa lebar drive dan angka kedua adalah panjangnya.

Tentunya SSD sendiri dari segi desain memiliki keunggulan berupa ukuran yang tipis dan kecil serta cara kerja yang lebih cepat. Serta daya tahan yang lebih kuat pada benturan bahkan suhu ekstrem sekalipun. Dengan memahami pengertian dari M2 jenis SSD ini ada banyak jenis SSD. Beberapa rekomendasi SSD merupakan jenis M2 yang terbaik.

Rekomendasi SSD Terbaik

Ada beberapa rekomendasi SSD terbaik yang bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan. Tentunya setiap SSD memiliki keunggulan masing-masing. Inilah beberapa jenis SSD yang bisa dijadikan referensi penyimpanan.

1. Samsung 970 Evo Plus

SSD yang memiliki batas TWB dengan besaran 1200 sangat memungkinkan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Produk yang dilengkapi dengan teknologi AES 256-bit Encryption sangat menjaga data agar tetap aman. Serta dilengkapi pula adanya Samsung Phoenix Controller form factor M.2.

Performa yang hadir dari Samsung 970 Evo plus ini dilengkapi dengan adanya teknologi 96 layer V-NAND. Memiliki kemampuan kapasitas baca hingga 3.500 MB/detik serta kecepatan nulis 3.300 MB/detik. Dan merupakan salah satu kecepatan paling tinggi diantara SSD yang lainnya.

2. Samsung 970 Pro

Untuk jenis Samsung 970 Pro ada kapasitas 512 MB hingga 2 TB, menggunakan pengontrol berlapis nikel yang canggih. Sehingga mampu menyebarkan panas dan pembuangan panas berfungsi sangat baik.

Adanya Dynamic Thermal Guard otomatis bisa melakukan pemantauan serta mampu mempertahankan suhu operasi. Pada SSD dibangun dari teknologi V-NAND dalam form factor M.2 sebesar 2280 yang compact. Serta kecepatan yang dihasilkan SSD 970 Pro pun hingga 3500 MB/detik untuk membaca dan menulis 2700 MB/detik.

3. WD Black 3D

Produk M2 SSD WD black 3D ini dilengkapi dengan daya inovatif serta perlambatan termal secara konsisten. Sehingga SSD ini mampu mencegah panas yang berlebihan serta mampu menghasilkan kinerja cepat serta tepat.

Kehadiran WD Black 3D dengan form factor M.2 2280 S3 dengan antarmuka PCle 3.0×4 yang memadukan NVMe 1.3. Dan produk ini merupakan produk SSD dari Western Digital dengan kapasitas pilihan, 256 GB, 512 GB, serta 1 TB.

4. Adata XPG SX8200 Pro

Adata XPG ini hadir dengan performa form factor M.2 2280 serta menggunakan antarmuka PCle 3.0X4 guna terhubung pada sistem host. Dengan kecepatan baca yang dimiliki hingga 3500MB/detik serta kecepatan tulis 3000 MB/detik.

Adata ini hadir dirancang untuk para pembuat konten video, gamer dan sebagainya. Dengan penyajian efisiensi daya serta penyebaran panas XPG hitam yang baik. Sehingga menjadikan Adata unggul dan lebih berkualitas.

5. Corsair Force LE200 240GB

Menggunakan teknologi SATA 3 ini memiliki kemampuan transfer data 6GB/detik untuk produk Corsair. Untuk penggunaan daya, jenis corsair force ini lebih hemat digunakan.

Dalam performanya sangat mirip dengan hardisk konvensional , namun kualitas tetap sangat baik dan hemat digunakan. Dengan form factor atau interface SATA III/TLC ini menjadikan Corsair Force pilihan terbaik bagi M2 SSD yang digunakan.

6. SSD V-Gen 120 GB

Merk yang sudah banyak dipasaran, SSD V-Gen ini memang tergolong terjangkau harganya. Namun tetap berkualitas sebagai perangkat yang sangat membantu dalam performa orang-orang yang hobi mengoperasikan komputer.

Untuk form faktor atau interface menggunakan SATA III bagi jenis V-Gen. Dan memiliki ukuran 100X70X6 mm. Untuk kecepatan baca, tulis serta transfer hingga 530/450 Mbps. Untuk mendapatkan M2 SSD V-gen ini sangat mudah serta sangat direkomendasikan untuk tempat penyimpanan murah tapi berkualitas.

7. Samsung SSD 860 EVO

Merk yang sering didengar di pasaran ini dilengkapi dengan fitur AES 256-bit yang begitu kompatibel. Serta adanya TCG Opal dan IEEE 1667 menjadikan Samsung SSD 860 Evo ini mampu melindungi data. Dan tersimpannya data pada drive secara efektif sehingga data tetap aman dengan SSD Samsung.

Untuk form factor atau interence dari samsung SSD 860 EVO ini berupa M.2 SATA, Samsung V-Nand 3 bit MLCC. Dan kecepatan untuk baca tulis 3500/3000 Mbps dan SSD samsung ini mempunyai ukuran 100 x 69,85X6,8 mm.

8. Kingston KC2000 NVMe PCie

Merk asal Amerika ini sangat terkenal dan tak asing lagi di Indonesia. Dengan kehadiran SSD KC 2000 NVMe PCle diklaim mampu meningkatkan performa yang berkualitas serta maksimal. Dengan memiliki kecepatan baca tulis hingga 2.200 Mbps.

Adanya fitur berupa self-encrypting tentunya Kingston KC 2000 mampu mendukung proteksi data. Dengan bantuan enkripsi hardware based 256 bit AES dan data terjamin keamanannya. Untuk form factor atau interface menggunakan M.2 2280/NVMe PCle Gen 3.0X4 Lanes.

9. Crucial MX500

Berdasarkan performanya, Crucial ini merupakan SSD terbaik dengan kapasitas tinggi. Namun, harga tetap bisa terjangkau atau tidak terlalu mahal. Dengan form interface 2.5 inc SATA 6.0 GB sangat mengagumkan.

Penggunaan hardware based encryption dengan AES 256 bit ini bisa menjaga keamanan data yang ada pada komputer atau laptop pengguna. Dan memiliki kecepatan baca tulis serta transfer data 560/510 Mbps.

10. Toshiba SSD X10

Jenis M2 SSD lainnya yaitu Toshiba SSD X10 dengan desain eksternal yang menarik serta minimalis bisa dibawa kemanapun. Dengan adanya dukungan memori BiCs Flash terlihat struktur sel ditumpuk dengan posisi vertikal sangat direkomendasikan untuk tempat penyimpanan berbagai laptop.

Ukuran 95x75X11 mm ini berkecepatan baca tulis 550/500 Mbps. Serta untuk form interface Toshiba SSD X10 ini menggunakan USB 3.1 Gen 2, USB 3.1 Gen 1 serta USB 2.0. Dengan kecanggihan yang dimiliki dari Toshiba X10 ini menjadi salah satu rekomendasi SSD terbaik.

Berbagai jenis M2 SSD yang ada dengan tipe yang berbeda serta saling memperlihatkan kualitas ini. Sangat direkomendasikan bagi yang membutuhkan penyimpanan data secara internal dan aman. Caranya dengan melihat seperti apa form serta interface dari SSD tersebut.

Tentunya masing-masing SSD sudah memiliki standar serta kecanggihan masing-masing. Oleh karena itu, harga, kualitas serta desain sangat berpengaruh dalam memilih SSD. Dan beberapa produk bisa menjadi rekomendasi SSD terbaik untuk melengkapi PC atau komputer dari segi drive data.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar